PENTING : **SEDEKAH ROMBONGAN||RUMAH ZAKAT || ACT || Kajian Hadis**
PELUANG USAHA 2016 !!!|*|DUITBUX|*|Program PTC nyari duit di internet|

Saturday, March 10, 2012

Manfaat Buah Duku

Duku (/L. domesticum/var. /duku/) umumnya memilki pohon yang bertajuk besar, padat dengan dedaunan berwarna hijau cerah, tandannya relatif pendek dan buahnya sedikit. Butiran buahnya besar, bulat, memilki kulit agak tebal, namun tidak bergetah saat masak, berbiji kecil, berdaging tebal, berasa manis atau masam, dan memilki bau harum.

Langsat (/L. domesticum/var. /domesticum/) umumnya memilki pohon yang lebih kurus, daunnya kurang lebat dan berwarna hijau tua, percabangannya tegak. Langsat memiliki tandan buah yang panjang dan padat berisi 15-25 butir buah berbentuk bulat telur dan besar-besar. Kulit buah langsat tipis dan selalu bergetah sekalipun sudah masak. Daging buahnya banyak mengandung air, memilki rasa masam manis, dan menyegarkan. Namun, sayangnya langsat hanya bertahan tiga hari setelah dipetik. Kulitnya akan menghitam sehingga tampilannya tidak menarik lagi, meskipun rasa manisnya tidak berubah.

Kokosan (/L. domesticum/ var. /aquaeum/) memiliki daun yang berbulu, tandannya dijejali dengan butir buah yang sangat rapat, dan kulit kokosan berwarna kuning tua. Butir buah kokosan umumnya kecil, kulit
buahnya tipis dan tidak bergetah, namun sulit dikupas. Buah kokosan dimakan dengan cara digigit atau disedot cairannya atau dipijit agar kulitnya pecah dan keluar bijinya. Kokosan memiliki rasa masam hingga masam sekali.

Duku yang terkenal di Indonesia adalah duku Palembang, karena rasanya yang manis dan bijinya yang sedikit. Sebenarnya penghasil utama duku bukanlah kota Palembang, melainkan Komering serta beberapa wilayah di
Sumatera Selatan. Kumpeh, Muaro Jambi, Jambi juga merupakan daerahpenghasil duku. Selain di Sumatra, duku juga dihasilkan di Pulau Jawa, antara lain di seputaran Jakarta, Tegal, Purbalingga, Yogyakarta, Karanganyar, Rembang, dan Kudus.

*Khasiat*


Tiap 100 gram buah duku mengandung 1 gram protein, 0.2 gram lemak, 13 gram karbohidrat, 0.7 gram mineral, 18 mg kalsium, 9 mg fosfor, dan 0.9 gram zat besi. Buah duku juga mengadung serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan mencegah kanker kolon.

Selain itu, beberapa bagian tanaman duku juga bermanfaat sebagai obat tradisional, seperti obat cacing, demam, disentri, malaria, diare, dan bahkan pengusir nyamuk. Biji buah duku yang pahit dapat ditumbuk dan
dicampur air untuk mengatasi cacingan dan demam. Kulit kayu duku dapat dimanfaatkan untuk mengatasi disentri dan malaria. Kulit buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Selain itu, kulit buahnya juga
dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar.

*sumber : http://www.hidupkusehat.com/khasiat-buah-duku.html


------------------------------------------

Buah duku yang memiliki nama kimia Lansium Domesticum Corr berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Buah duku dapat tubuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan citarasanya sangat asam. Seiring matangnya buah, kulit akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis. Buah ini enak di makan segar, kulit buahnya dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara dibakar. Selain itu, kulit juga dapat digunakan untuk pengobatan diare, kulit batangnya dan bijinya digunakan untuk obat malaria. Perasan biji duku memiliki khasiat obat, terutama bagi masyarakat Malaysia biasa memanfaatkan untuk obat sakit kepala. Batang kayunya sangat kuat dan digunakan sebagai bahan membuat kotak atau perkakas. Sedangkan pohon duku yang berdaun rindang ini juga berfungsi untuk melindungi tanah tererosi air hujan serta menghasilkan humus.

Kandungan kimia yang terdapat pada buah duku

Setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7o kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Manfaat buah duku

* Mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
* Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
* Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
* Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.

*sumber : http://khasiatbuah.com/buah-duku-langsat.htm

Random Posts



1 comments:

Salafy said...

Menarik, buah duku ini ternyata bisa untuk obat cacing.

Blog Archive