PENTING : **SEDEKAH ROMBONGAN||RUMAH ZAKAT || ACT || Kajian Hadis**
PELUANG USAHA 2016 !!!|*|DUITBUX|*|Program PTC nyari duit di internet|

Saturday, June 20, 2009

Asuransi dan Saya

Di zaman modern seperti sekarang ini, Asuransi merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahkan untuk sebagian orang, asuransi merupakan kebutuhan bagi mereka untuk melindungi aset ataupun harta yang mereka miliki jika di kemudian hari terjadi sesuatu yang tidak mereka inginkan, seperti kehilangan, kebakaran, bencana alam dan lain sebagainya. Disini asuransi berguna untuk meminimalkan resiko dari kehilangan aset tersebut, karena kita bisa mengklaim dari pihak asuransi atas kerugian yang kita derita sesuai dengan ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan dan kita setujui sebelumnya.

Selain sebagai alat proteksi ( pelindung ), Asuransi akhir-akhir ini juga berkembang sebagai alat investasi, seperti asuransi pendidikan, kombinasi antara asuransi jiwa sekaligus juga investasi, dan sebagainya. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk investasi sekaligus proteksi seperti ini. Orang banyak yang tertarik dengan model asuransi investasi seperti ini, karena mengharapkan hasil yang besar di masa yang akan datang, sesuai dengan jangka waktu yang diambil. Memang tidak terasa setoran setiap bulan yang dibayarkan sebagai premi asuransi, sehingga dianggap itu sebagai tabungan. Jika yang diambil adalah asuransi yang mengakomodasi antara asuransi jiwa ( proteksi ) sekaligus investasi, maka pengguna asuransi juga mendapatkan proteksi atas jiwanya, jika suatu saat sakit dan harus dirawat di rumah sakit bisa menggunakan asuransi tersebut.

Saya sendiri saat ini masih belum memanfaatkan program asuransi seperti itu, karena merasa masih belum begitu perlu. Asuransi yang saya miliki sekarang adalah Askes ( Asuransi Kesehatan ), karena memang setiap bulannya ada potongan gaji untuk Askes tersebut. Dan Alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah menggunakannya. Untuk investasi, saya masih mengandalkan tabungan biasa, dan belum memanfaatkan asuransi sebagai alat investasi karena mungkin masih belum rela untuk dipotong setiap bulan sebagai pembayaran premi.

Sebelum anda memilih program asuransi yang akan anda ambil, sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu kira-kira produk mana yang benar-benar anda butuhkan, apakah asuransi untuk proteksi, atau asuransi untuk investasi, atau ingin mendapatkan dua-duanya antara proteksi dan investasi. Konsultasikan dengan keluarga, dengan suami atau istri anda, atau dengan teman yang sudah berpengalaman dengan produk asuransi, sehingga anda bisa sharing dan mendapat masukan dari mereka. Perhitungkan juga penghasilan bulanan anda, apakah dengan membayar premi yang sudah ditentukan akan membuat anda berat atau tidak. Jangan sampai anda kelabakan ketika tiba-tiba ada keperluan mendadak dan anda tidak memiliki uang.

Pelajari dengan seksama klausul syarat-syarat dan ketentuan yang terdapat pada produk asuransi yang kita pilih, sehingga kita tidak akan menyesal di kemudian hari gara-gara kita tidak bisa klaim asuransi kita karena tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang telah kita setujui. Browsing website asuransi yang kita inginkan dan pelajari disana bagaimana cara kerja produk asuransi tersebut, baca FAQ-nya ( Frequently Asked Questions ) untuk mengetahui secara umum tanya jawab tentang produk asuransi itu, misalnya kalau produk asuransi dari AJB Bumiputera 1912 ( Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 ) maka FAQ bisa dibaca di http://www.bumiputera.com/content_faq.php?ids=2.

Semoga dengan memahami bagaimana cara kerja asuransi, apa saja syarat-syarat dan ketentuan produk asuransi, bagaimana cara pembayaran preminya, bagaimana cara mengklaim asuransi, dan sebagainya, kita tidak akan merasa tertipu ataupun kecewa oleh produk asuransi yang kita ikuti gara-gara kita tidak bisa klaim uangnya, atau lama untuk mencairkan uangnya, banyak syarat yang berbelit-belit, ataupun berbagai macam masalah lainnya yang mungkin timbul.

Random Posts



2 comments:

Stop Dreaming Start Action said...

salam kenal,
postingannya mantap,
ayo kita ramaikan kontes SEO joko susilo,
sukses selalu.

terima kasih,
salam ACTION.

Cyber Katrox said...

Aku juga ikut, semoga sukses aja.

Blog Archive