PENTING : **SEDEKAH ROMBONGAN||RUMAH ZAKAT || ACT || Kajian Hadis**
PELUANG USAHA 2016 !!!|*|DUITBUX|*|Program PTC nyari duit di internet|

Sunday, April 12, 2009

Pusat Tabulasi Nasional KPU diserang hacker

Membaca berita di detik pemilu dan okezone hari ini tentang Puluhan Hacker yang menyerang Pusat Tabulasi Nasional Pemilu 2009 ( Real count ) Komisi Pemilihan Umum ( KPU ), menghadirkan keprihatinan di dalam hatiku ini ( ceile, bahasanya, hihi ). Betapa tidak, ketika KPU sedang menghitung hasil suara Pemilu legislatif Indonesia 2009 tanggal 9 April 2009 kemarin, di tengah-tengah gonjang-ganjing akan banyaknya masalah dan kecurangan yang terjadi seputar Pemilu, eh koq ya ada yang usil plus iseng bin jahil untuk mencoba merubah data hasil penghitungan real count KPU tersebut. Gak ada kerjaan lain kali ya, nge-hack situs porno kek, atau situs-situs terlarang lainnya, kan lebih bermanfaat tuh.

Pusat Tabulasi Nasional KPU diserang hacker sejak 3 hari yang lalu, puluhan serangan hacker yang mencoba mengisengi real count KPU, dan puncaknya hari Sabtu kemarin, hacker tersebut berusaha untuk mengubah tampilan website tabulasi data Komisi Pemilihan Umum ( KPU ), mencoba mengubah tampilan data tabulasi, dan mencoba untuk meng-nolkan data.

Puluhan serangan hacker tersebut sudah berhasil dideteksi sumbernya, yang berasal dari hacker dalam negeri, dan sudah dikonfirmasikan ke Telkom untuk mengunci IP address hacker tersebut. Semoga saja tidak ada lagi hacker-hacker yang iseng untuk menyerang tabulasi data nasional KPU ini, dan perhitungan Real count KPU tersebut cepat selesai.

*Sumber berita :
  1. Real count KPU diserang puluhan hacker ( detik pemilu )
  2. Puluhan hacker serang Tabulasi Nasional Pemilu ( okezone )

Random Posts



16 comments:

zee said...

Sebenarnya hacker-2 nyerang cuma untuk ngetes aja, securitynya oke gak sih? Jd wajar aja dites.

rayearth2601 said...

iya, alasan yang bagus memang, tapi ngetes security mbok ya jangan langsung ke tabulasi nasional real count kpu, kan merugikan banyak pihak. Minta aja ma kpu simulasi tabulasi nasional buat di tes securitynya, buat latihan, hehe

ADVINTRO said...

walau cuma ngetes, kalo sukses kan artinya tuh KPU gagal amankan kerahasiaannya

payah kalau gitu sih

rayearth2601 said...

Apa untungnya coba kalau hacker tersebut bisa menembus data di KPU dan merubahnya ?
Bukankah itu hanya malah membuat mereka menjadi target polisi ?

Menurut aku sih, tindakan hacker tersebut bukan untuk mengetes security, tapi memang ingin pamer keahlian dan kemampuan mereka.

ika said...

hacker nya kok iseng amat seh ;p

tr1993r.m4ch1n3 said...

wew.. sebenarnya tindakan seperti itu juga tidak ada salahnya..

klo tindakan hacker(dibaca: cracker - script kiddies) yang berusaha menjebol pusat tabulasi KPU itu hanya bertujuan untuk melakukan deface..

saya rasa itu tidak membahayakan situs KPU itu sendiri.. karena yang dilakukan oleh hacker macam itu sangat2 tidak berbahaya..

lagipula bukannya site itu khan harusnya ada yang jaga 24jam nonstop Yah..? nah disini letak berperannya IT KPU.. hehe.. liat ajah copyright CMS yang digunakan pusat tabulasi untuk pemilu sekarang ini.. TAHUN BERAPA?? hehe.. maaf neh sebelumnya klo ada hacker expert yang ikutan nimbrung disini juga.. hihihi.. ini hanya sekedar celotehan seorang n00b yang tidaka akan pernah naik tingkatannya.. :P

rayearth2601 said...

@ ika : hehe, iya tuh

@ tr1993r.m4ch1n3 : Hm, satu lagi alasan yang bagus.

Memang tabulasi nasional KPU itu dijaga dan sementara ini masih bisa mengatasi puluhan hacker yang mencoba mengusili real count LPU tersebut.

Tapi hacker2 tersebut sadar tidak, kalau data real count ini dikonsumsi secara nasional, oleh seluruh rakyat Indonesia. Tetap saja tindakan merubah data, merubah tampilan, dan sebagainya tersebut adalah hal yang salah.

Janganlah merusak kalau tidak bisa ikut memperbaiki.

tr1993r.m4ch1n3 said...

wew.. oleh karena itu.. knp saya menyebut mereka cracker yang hanya setingkat script kiddies bahkan lebih rendah dari itu( wannabe/n00bz).. karena mereka hanya bisa melakukan hal semacam deface and merubah apalah itu.. klo saya bisa masuk ke server itu.. i'll g0t r00t! then patch the system and plant some backdoorz.. hehehe.. :p udah.. itu juga udah cukup koq. dan itu yang akan dilakukan jika mereka bener2 cracker yang expert.. not like just defacing on their index page.. LOL.. gini mas ray.. masalahnya mereka ini (red.orang2 KPU) hanya bisa menghabiskan uang negara untuk sesuatu yang tidak penting.. liat degh disini.. http://xshadow-power.com/cukdus/?p=280 itu mencerminkan kebanyakan tindakan mereka yang ada dibalik situs KPU.. hehe..

rayearth2601 said...

terimakasih linknya mas, bagus, jadi bisa melihat alasan dan sisi lain dari hacker :)

Yah, memang kita akui masih banyak kekurangan dan kelemahan di sistem milik pemerintahan, dengan masih banyaknya situs yang kena hack dan saya rasa sistem keamanan di internet pasti ada kelemahannya, bahkan situs sekelas Kaspersky saja kabarnya pernah diusilin ( kalau saya tidak salah ya ).

Atau mungkin mas tr1993r.m4ch1n3 ini mau bantuin KPU jagain security servernya ? hihi

tr1993r.m4ch1n3 said...

haha.. gak mungkin lah.. gw gak biasa ngambil lahan orang.. lagipula gw hanya seorang n00b koq.. gak bisa yang kek gitu2an.. hihihi.. jujur, pernah ada member dari YF(Yogya Free)yang juga sempet memberikan pentest terhadap pusat tabulasi tersebut.. berupa serangan DDoS.. dan alhasil server KPU dibuat DOWN dalam kurun waktu 2 jam!! untung itu dilakukan pada saat menjelang pemilu.. coba anda bayangkan jika hal itu dilakukan pada waktu pengumuman hasil akhir tabulasi pemilu..? what happen then..? hehe.. pasti planga-plongo tuch seluruh caleg2 ngeliatin situs KPU koq DOWN..? hahaha..

.:: I'M NOT HACKER OR WHATEVER ::.

rayearth2601 said...

Ah, merendahh nehhhh, biasanya kalau udah expert emang suka merendah :)

yah, semoga saja gak ada yang usil lagi pada real count KPU kali ini, itu aja harapan saya, udah banyak masalah, jangan ditambahin lagi lah, hehe

kyra.curapix said...

kena hack lag

Irfan Three said...

wakakakak, kalo cuma kayak gituh sih bukan hacker ekspert namanya...

yang lebih bahaya trus, paling bahaya yah.. tinggal ciuuuwwwww....

duuuuaaaarrrrrr...........!!!!!!!!

di BomB ajah... khan, enak... gak ada yang bakal ketinggalan, semut pun ikut lenyap...

biar lebih gengsi, BomB ajah tu serfernya Google (yang katanya petabytan) ato microsop / Yahoo!...

apa Amrozi CS & kawan2 bisa dikatakan hacker tingkat tinggi yah...???????

rayearth2601 said...

hacker2 gitu bisa memanipulasi search engine google gak ya ? biar posisi blog kita di posisi pertama hasil pencarian, wakakaka, kan lumayan tuh, bisa menang kontes SEO terusssss

tr1993r.m4ch1n3 said...

this is what i mean HACKERuse your own risk .. :D

renefrita said...

sby dan boediono menang maka bangsa ini menjadi hancur terutama ekonominya.karena sby dan boediono menaut ekonomi neo liberal lihatlah dibidang telekomunikasi dan usaha kecil sudah terjadi ekonomi neo liberal sehingga membuat usaha wartel warnet dan pkl rugi benar benar pemimpin dinegeri ini tak punya otak dan hati

Blog Archive