PENTING : **SEDEKAH ROMBONGAN||RUMAH ZAKAT || ACT || Kajian Hadis**
PELUANG USAHA 2016 !!!|*|DUITBUX|*|Program PTC nyari duit di internet|

Saturday, January 17, 2009

Aku Untuk Negeriku, pemikiran sederhana orang biasa

Apa sih yang sudah kulakukan untuk negeriku? Indonesia tercinta ini ?
Apa sih yang bisa kulakukan untuk negeriku ini?

Pertanyaan yang susah aku jawab, karena memang aku bukanlah siapa-siapa, aku hanya seorang warga negara biasa, bukan seorang anggota legislatif, bukan seorang pejabat yang memiliki kedudukan ataupun kewenangan untuk membuat suatu kebijakan yang berarti untuk negeri Indonesia ini.
Aku bukanlah orang pintar yang memiliki ilmu yang bermanfaat demi kemajuan negeri ini, bukan orang yang inovatif yang bisa mendesain suatu sistem dan menciptakan suatu alat yang berguna bagi masyarakat di jaman teknlogi informasi yang semakin canggih ini.

Sekali lagi aku hanyalah orang biasa, yang sehari-harinya hanya berkutat dengan pekerjaan rutin di kantor, berkumpul dengan keluarga, main main internet, berselancar di dunia maya, mungkin juga kalau aku bisa menjadi salah satu dari orang-orang penting di atas, aku belum tentu juga bisa membuat sesuatu yang berarti bagi negeriku. Lalu apa yang bisa aku lakukan untuk negeriku dengan kapasitasku yang hanya sebagai orang biasa ?

Mungkin sekarang ini yang bisa aku lakukan adalah dengan mencoba menjalankan peranku ini sebagai orang kecil ( baca : kurus, red ) dengan sebaik-baiknya, membina keluarga yang baik dan harmonis, menjalankan tugas-tugas di kantor sebagai abdi negara, pelayan masyarakat sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku sehingga tidak merugikan negara, tidak melakukan tindakan korupsi ataupun menerima suap.

Satu hal yang paling penting bagiku dan kucoba untuk selalu tertanam di hati sebagai sebuah prinsip yang harus dipegang teguh adalah mencoba untuk selalu JUJUR, baik terhadap diri sendiri, keluarga, maupun orang lain, walaupun kadang-kadang juga aku melanggarnya sendiri karena sesuatu hal yang tidak bisa aku hindari. Tapi dengan menanamkan dan menjalankannya, ada sesuatu yang mengganjal di hati bila aku melanggarnya. Apalagi tuntunan agama islam yang aku anut, juga menghendaki umatnya untuk jujur dan tidak suka berbohong, karena bohong itu dosa.

Dari suatu diskusi yang aku dapatkan dari seorang trainer motivasi, dia menceritakan tentang diadakannya suatu survey terhadap orang-orang yang berada di top management atau pimpinan suatu perusahaan atau organisasi, yang menanyakan tentang perilaku apa saja yang penting dan harus dimiliki. yang membuat seseorang menjadi sukses dan berhasil dalam usahanya menjadi seorang pemimpin, dan hasil surveynya adalah JUJUR / HONEST menempati tempat pertama. Karena seorang pemimpin yang tidak jujur, tidak akan disukai oleh bawahannya, maupun oleh orang lain, dan ketidakjujuran lambat laun akan membawa kehancuran. Walaupun kadang-kadang orang yang jujur ada juga yang tidak menyukainya, karena adanya suatu kepentingan.

Aku terkesan dengan konsep WARUNG KEJUJURAN yang diterapkan oleh KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ) di kantornya. Aku pernah sekali datang ke kantor KPK ini dalam rangka mengantar surat bersama dengan teman kantor ( bukan karena sedang diperiksa KPK loh, jangan deh, hehe ), dan melihat adanya warung kejujuran ini di lantai bawah, tetapi sayangnya waktu itu warung itu kosong, tidak ada barang/makanan yang dijual karena mungkin waktu itu pas bulan puasa. Dari tulisan yang ada disana, aku mengetahui bagaimana warung kejujuran ini dijalankan. Di warung ini tersedia sebuah rak yang berisi barang-barang atau makanan yang dijual, lengkap dengan harganya, dan sebuah kaleng tempat kita menaruh uang yang kita gunakan untuk membeli di warung ini. Tidak ada Penjaga Warung seperti warung atau toko kebanyakan di luar sana, tidak ada penjualnya, jadi di warung ini kita benar benar dilatih untuk JUJUR, walaupun ada yang melihat ataupun tidak ada yang melihat, kita mengambil sendiri barang yang kita mau beli dan membayar sendiri, mengambil kembalian sendiri di kaleng yang telah disediakan.

Memang kalau dari awal kita dilatih jujur, mulai dari hal yang kecil-kecil seperti ini, tindakan korupsi tidak akan menjadi suatu hal yang menarik atau menggiurkan bagi kita. Mungkin kalau Konsep Warung Kejujuran ini bisa diterapkan sejak dini, seperti di sekolah-sekolah dasar, ataupun di kantor-kantor dan dijalankan dengan benar, akan tercipta generasi bangsa yang jujur, dan dari kejujuran itu akan menghasilkan kesuksesan, semoga saja.

Mungkin aku sendiri yang menulis ini yang menuangkan pemikiran sederhana orang biasa, belum tentu bisa selalu berbuat jujur, tapi aku akan selalu mencoba mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil-kecil, dan mulai saat ini, untuk diriku, untuk keluargaku, dan untuk negeriku.


*Ditulis dalam rangka berpartisipasi dalam "AKU UNTUK NEGERIKU BLOG COMPETITION 2009"

Random Posts



148 comments:

marsudiyanto said...

Di Sekolah tempat saya ngajar sudah didirikan Kantin Kejujuran Mas.
Difasilitasi Kejaksaan & Pemda, Kantin Kejujuran itu diresmikan. Siswa ambil sendiri, bayar sendiri dan ambil kembalian sendiri.

rayearth2601 said...

Wah, bagus tuh mas kalau sudah ada kantin kejujuran, melatih kita untuk jujur, semoga sukses ya, thanks komennya

Lyla said...

wah... kantin kejujuran kalo di sekolah-sekolah kyknya kurang efektif soalnya masih byk yang gak jujur

fuda said...

Jujur. menarik nih topik dari bpk yang satu ini.hihihihi..

kata yang satu wajib di tanamkan pada diri masing2 individu. slain karena faktor kepercayaan agama, jujur merupakan awal dari sgala kebaikan.

sbaliknya kebohongan merupakan awal dari kebohongan2 lainnya. sebab dengan sendirinya dia akan berbohong kembali untuk menutup kebohongan sblumnya. istilahnya gaii lobang tutup lobang nga akan ada habisnya.

oyi.. mengenai warung kejujuran. hiahahaha unikkk.....

klo menurut saya sih , itu melatih melawan hawa napsu.hawa napsu untuk mencuri......

wekekekekekek

@Lyla : ahahaha, klo sekolah SD pake warung kejujuran sih sama aja kyak ngumpanin permen ke bocah2 xixixixi.
tapi patut dicoba,namanya juga mlatih kjujuran.

Bayu said...

Konsep Warung Kejujuran itu boleh juga...

seandainya itu diterapkan dalam dunia pemerintahan, pastinya yang namanya KKN nggak ada ya mas,,,

buat mPunya Blog sukses selalu ya... :)

rayearth2601 said...

@ lyla : ya kan kalau dilatih sejak dini, dan diajarkan BUDAYA MALU untuk yang tidak JUJUR, semoga bisa berjalan dengan efektif, walaupun memang masih ada beberapa yang tidak jujur, karena hidup ini pasti ada yang baik, ada yang tidak baik, ada yang jujur, dan ada yang tidak jujur, trimakasih komentarnya ya :)

@ fuda : betul sekali mas, kalau dari awalnya baik, Insya Allah prosesnya akan baik, dan hasilnya juga baik, begitu pun sebaliknya, tapi kadang baik menurut Allah belum tentu dianggap baik oleh manusia, yang selalu merasa kurang puas.

Waduh, melatih nafsu mencuri ? jangan under estimate dulu lah, ya mungkin untuk jaga-jaga dan sebagai alat kontrol bisa dipasang kamera tersembunyi atau cctv untuk mengawasi warung kejujuran tersebut :)

@ bayu : iya mas, tapi yang namanya KKN kan sudah seperti tradisi yang mengakar, masih diperlukan kesadaran yang tinggi untuk menghilangkannya, pengawasan yang ketat, dan penanaman nilai-nilai agama dan moral secara berkelanjutan, terimakasih supportnya ya :)

bhart said...

sekarang indonesia kebanyakan muslim
dulu jaman ratu shima kebanyakan budha / hindu

sekarang banyak pencuri
kenapa sejarah menceritakan kalau jamannya ratu shima tidak ada pencuri ya

eh ada hubungannya ga?
kalo ga ya dipersori h e he he he

novi said...

jujur mas...
Benar gak sih ada duit receh di internet :)

Senoaji said...

Definis kejujuran itu apa to? kalopun harus ada warung kayak gitu, bisa juga di jogja di buka 'angkringan anti kebohongan' wkwkwkwkwkwkwkwk
postingan cakep.

tabiek
senoaji

@fuda: setuju sama mas fuda, melatih kejujuran boleh dimulai semenjak usia dini. Boleh lho, bukan harus kikikiikikikikik

*kaburrrrr*

rayearth2601 said...

@ bhart : masak sih jaman itu gak ada pencuri ? mungkin pencuir itu tidak layak dimasukkan dalam catatan sejarah, hihi, yang baik2 saja yang diambil hikmahnya, untuk diteladani, cmiiw

@ novi : ada mbak, tapi gak krincing krincing bunyinya, hehe

@ senoaji : definisi kejujuran ya hati nurani kita sendiri bisa menilainya koq, berbuat/berkata apa yang benar adalah benar, apa adanya sesuai kenyataan, kalau kita tidak jujur di hati serasa ada yang mengganjal dan membuat pikiran gelisah, menurutku sih begitu, maaf kalau salah, ini hanya pemikiran sederhana orang biasa

bening said...

harusnya yang ada kantin kejujuran tuh di hati pemimpin bangsa...

rayearth2601 said...

@ bening : idealnya memang begitu, karena pemimpin yang jujur akan memberi teladan yang baik bagi rakyatnya, untuk itu marilah kita mulai dari diri sendiri kita dulu, sebagai pemimpin diri kita, keep smile :)

fuadpahing said...

nang kantorku ono kantin kejujuran, ki melu lomba opo bos??

rayearth2601 said...

@ fuadpahing : lha kuwi kan ono banner-e, lomba blog bugiakso blog competition 2009, gawe tulisan temane "Aku untuk negeriku", melu tho sisan nggawe, ono hadiahe loh, hehe

suwung said...

lha diriku... diri sendiri ajah ditipu.... ini mesti mau nyidir blogku yang banyak tipuannya

boyin said...

wah saya baru tahu ada warung kejujuran..makasih banyak infonya...untung mampir kemari..

anderwedz said...

emang jujur lah yg terpenting...
Tp jujur jga sulit didapatkan....

rayearth2601 said...

@ om suwung : wah, aku ya nggak berani tho nyindir panjenengan, bisa kuwalat aku, hehe

@ boyin : padahal dah banyak yang mengulas warung kejujuran ini di blog, tadi aku coba cari di google, banyak hasilnya, tapi saya senang juga bisa memberi info bagi yang belum tahu, thanks komennya ya

rayearth2601 said...

@ anderwedz : betul sekali mas, yang penting kita berusaha menerapkannya mulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar

sarah said...

Mnrt aQ sich yg terpenting adlh kemauan dan usaha yg walpun kecil, tp percayalah, kehormatan bangsa yg plg utama adalah dr bangsanya sendiri...
hehe

semangat!

sarahtidaksendiri.wordpress.com

rayearth2601 said...

@ sarah : betul mbak, asal kita mau berusaha dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan aturan dan norma agama yg kita anut, insya Allah, hasilnya juga baik, entah itu baik secara langsung maupun tidak langsung, semangat !?

Lyla said...

di KPK ada kantin kejujuran juga lho... tapi kadang kalo uang kembaliannya receh kadang gak tersedia uang recehan terus gimana dong... saya pernah liat liputannya di tipi

rayearth2601 said...

@ lyla : lha iya mbak, kan saya ceritanya lihat warung kejujuran itu di KPK, di kuningan, jakarta selatan, pas saya kesana,
Ya kalo kembali receh diikhlaskan saja, hehe, ngamal,
Ya mungkin disedian dulu recehan yang banyak di kalengnya kan bisa, hehe

cebong ipiet said...

begini mas

jika tidak bisa menjadi pohon besar yang memberikan kayunya, jadilah rumput yang memperkuat tanggul jalan

karena tidak semua menjadi nahkoda, karena harus ada yg menjadi anak buah kapal dengan masing masing tanggung jawabnya

rayearth2601 said...

@ cebong : iya mbak ceb...kita jalankan sesuai dengan peran kita masing-masing, sebaik-baiknya, demi negara kita tercinta ini.

Minimal kita tidak ikut serta merapuhkan tanggul jalan tersebut.
Jadi inget ungkapan yang pernah kudengar juga, atau kubaca ya, hehe, lupa : " Jika kamu tidak bisa memperbaiki, janganlah merusak, Jika kamu tidak bisa membersihkan, janganlah mengotori"

tenkgyu komennya mbak ceb..

JelajahiDuniaEly said...

salut .... menjadikan jujur satu kebiasaan

Seno said...

sangat setuju bung, dengan kejujuran maka tidak akan ada orang sengsara, tidak ada korupsi.

rayearth2601 said...

@ jelajahiduniaely : mari kita biasakan jujur mulai dari diri sendiri...thanks komentarnya ya

hamka said...

emang ada yang buang duit??? kok blognya namanya nyari receh???

rayearth2601 said...

@ hamka : nyari kan belum tentu kita nyari ada orang yang buang duit mas, tentunya ada juga yang harus kita kerjakan untuk mendapatkan uang tersebut, seperti di di dunia luar lah, di kehidupan sehari-hari kita, kalau kita nyari duit, emangnya kita menunggu ada orang yang buang duit ? hehe .. kita harus kerja kan..

Kira-kira di internet juga seperti itu, dan disini saya kebanyakan nyari duit dengan cara klak-klik iklan PTC ( paid to click ), atau seperti ini mengikuti lomba, kan kalau beruntung bisa dapet duit mas..hehe..

Nyante Aza Lae said...

Mnrt Ketua KPK, kantin kejujuran belum efektif, masih banyak terdapat kebocoran..artinya..?

rayearth2601 said...

@ nyante aza lae : ya artinya masih butuh pengawasan juga mas, dan menanamkan budaya malu untuk tidak jujur, serta pengajaran nilai-nilai agama secara rutin..menurut saya sih begitu, maaf kalau salah

Mind Transportation said...

wah kebetulan di kantor saya ada penyedia snack dengan konsep KPK (kejujuran pangkal kemakmuran), teman saya ini (yang buka usaha ) juga punya blog http://jujurmakmur.blogspot.com/ , he he. BTW tks kunjungan ketempat saya, salam kenal

rayearth2601 said...

@ mind transportation : terimakasih informasinya pak, blog temen bapak bagus, saya sudah berkunjung kesana, tulisannya juga bagus2, semoga usahanya sukses

sawali tuhusetya said...

langkah yang dilakukan kpk agaknya memang layak dicontoh, mas. problem bangsa ini adalah maraknya korupsi yang menyernag di senegap lapis dan lini kehidupan masyarakat. semoga saja dg kejujuran, martabat negeri ini bisa kembali bisa ditegakkan.

ndop said...

lha trus enaknya Indonesia ini diberi apa ya bang??

aku juga bingung...

rayearth2601 said...

@ sawali tuhusetya : iya pak, konsep warung kejujuran itu kan hanya salah satu cara saja untuk melatih kejujuran kita, bukan satu-satunya cara

@ ndop : ya kalau saya nih ya, sebagai orang biasa, ya saya mencoba berusaha sebaik-baiknya menjalankan peran saya sekarang ini, karena seperti kata mbak cebong ipiet, masing-masing kita punya tanggung jawabnya sendiri-sendiri

Radith Prawira said...

di kampusku rasanya blm ada konsep warung kejujuran kaya gt.. malah di Unpad kata tmnku ada yg spt itu.. begitu juga di satu sekolah ( lupa tp nama sekolahnya apa, pernah ntn di tipi )

cebong said...

uhuy blum nulis lg y om
heuehue diriku juga busy nih

*busy ki koyoke bagian dari motor deh

rayearth2601 said...

@ radith : kampus dimana mas ?

@ cebong ipiet : iya neh mbak, masih belum ada ide, kayaknya harus nanya ma Abdel dan Temon nih yang punya banyak ide.. hehe

busy itu bukannya istrinya Pak sy ya mbak ceb ??

nich said...

dulu pernah dengar cerita yang serupa dilaksanakan di sebuah sekolah negri di kota Medan, tempat teman saya mengalaminya.

*wakakakakka* ngakak dulu ah..
emang susah lah, tuh warung tekooor abis!

rayearth2601 said...

@ nich : ya kalau tekor seperti itu, berarti masih perlu diawasi ...

The Dexter said...

Di kaki gunung Gede Cianjur mas..

rayearth2601 said...

banyak beras dunk di cianjur ? hehe

Lis Indra said...

Saya selalu terharu jika ada yang mengatakan bahwa ia mencintai negeri ini, Indonesia yang juga sangat saya cintai.
Siapa pun kita, apa pun profesi kita, bukan penghalang untuk memberikan cinta kepada negeri ini. Apa pun wujud cinta itu....

I Love Indonesia forever...

suwung said...

asal bukan jujur ajur

rayearth2601 said...

@ lis indra : iya bu, kita harus mencintai negeri Indonesia tercinta ini

@ om suwung : jujur kacang ijo ? hehe

Ackmali@ said...

huaaa ikutan blog competition ntu juga ya? tadinya saya juga mau ikutan, tapi ga sempet euy, dan ga ada ide...xixixi... semoga menang yaa

casual cutie said...

wah bagus juga tuh idenya mas, Kantin Kejujuran..

rayearth2601 said...

@ ackmali@ : iya nih mbak..terimakasih doanya ya, semoga sukses juga buat mbak :)

@ casual cutie : terima kasih komentarnya ya, tapi ini bukan ide saya loh, karena kantin kejujuran itu sudah lama ada, dan sudah disosialisasikan ke sekolah-sekolah ataupun kantor, meskipun masih banyak kebocoran, mungkin perlu dimodifikasi lagi untuk meminimalisasi kebocoran tersebut

Tongkonan said...

Wah, sepertinya warung kejujuran paling bagus kalau diterapkan di sekolah2 dan perguruan tinggi. Karena melalui dunia pendidikan inilah generasi muda penerus bangsa bisa dilatih untuk jujur sejak dini.

rayearth2601 said...

@ tongkonan : iya mas tongkonan, saya juga setuju sekali, untuk mendidik dan melatih kejujuran sejak dini, dan juga membiasakan di lingkungan sekitar

Farrel said...

mencoba untuk selalu JUJUR...
Prinsip yang bagus. Patut ditiru...
Tapi jangan dicoba aja, harus dilaksanakan...
Yang penting tidak jujur kacang ijo, palagi jujur ayam... :D

rayearth2601 said...

iya mas farrel ( jadi inget sinetron cinta fitri, hihi fitri dan farrel ), ada lagi tuh jujur sumsum ma jujur merah putih, hehe, jujur abang, basa jawa ne..

Ranny said...

memang jujur itu hal yang menyenangkan

pujangga muda said...

wah pelajaran bagus mas kejujuran ditempatkan di urutan nomor satu untuk menjadi pemimpin yang sukses saya bakalan inget itu mas, apalagi saya megang posisi keuangan waduh kalau gak jujur gimana ya keuangan perusahaan' tapi untunglah diperusahaan swasta sistemnya ketat jadi membantu untuk diri kita sendiri.
:D

rayearth2601 said...

@ ranny : betul sekali mbak, menyenangkan buat diri kita sendiri, dan juga buat orang lain :)

@ pujanggamuda : semoga mas pujanggamuda mengemban amanah itu dengan baik, lancar dan sukses selalu ya, thanks komentarnya ya

PinoyDeal said...

thanks for dropping by my blog

http://pinoydeal11.blogspot.com
http://pinoyfreedownloads.blogspot.com

rayearth2601 said...

@ pinoydeal : okay, you're welcome my friend, thanks for your comment :)

Ramdan said...

Kejujuran memang sangat dibutuhkan untuk membangkitkan negeri ini dari jurang korupsi...

rayearth2601 said...

@ Ramdan : yup, betul sekali mas

casual cutie said...

selamat pagi, casual cutie berkunjung lg...

rayearth2601 said...

Terima kasih kunjungannya, sering sering ya, dan jangan kapok, hehe

ipanks said...

mencoba untuk jujur?hmm itu sebuah hal yang sulit tapi asal dilandasi dengan niat pasti bisa deh :D.salam kenal

rayearth2601 said...

@ ipanks : yup, bener mas, yang penting ada niat dan kemauan, salam kenal juga ya

Mas koko said...

Saya juga se7 dengan konsep kantin kejujuran, dan ini harus dimulai dari segmen yg terendah, yaitu anak2 :)

rayearth2601 said...

terima kasih komentarnya mas :)

Maman said...

Nilai kejujuran memang harus di tanam sedini mungkin, di mulai dari keluarga, tempat menimba ilmu, dan lingkungannya.
Untuk prosesnya, peran kedua orang tualah yang dominan sekali, begitu juga di tempat belajarnya juga penting serta yang tidak kalah pentingnya bagaimana mengajarkan pergaulan kepada anak2 kita.

rayearth2601 said...

@ maman : iya mas, kedua orang tua juga berperan penting dalam mendidik dan terus mengawasi tumbuh kembang anak, terimakasih komentarnya ya

ndop said...

wah, si cebong jadi panutan ya di sini... hehehhe.. selmat ya bong, uplinemu ikut bangga...

huwahahahaha...

mocca_chi said...

nyah, tentang warung kejujuran yak> aku juga sempat post ttg it di blog setelah nonton berita waktu hari anti korupsi waktu lalu. dan menurut berita itu emmang lucu, kekekeke

rayearth2601 said...

@ ndop : wew, mas ndop upline-nya mbak cebong ya ? mas ndop dah jadi "diamond" belom neh status membernya ? wakakaka .... kayak MLM ajah

@ moccha_chi : koq lucu beritanya ? lucu dimananya bos ?

ilham maulana said...

salam kenal y....

rayearth2601 said...

yup, salam kenal juga ya mas

Kodil said...

saat ini kejujuran adalah barang langka yg perlu dilestarikan

casual cutie said...

kejujuran harus dimulai dari diri sendiri..

rayearth2601 said...

@ kodil : dijaga biar gak punah pak, hehe

@ casual cutie : mari kita mulai ...

Irfan Three said...

bisa juga diadakan korupsi yang jujur di KPK. siapa yang ingin korupsi harus ijin dulu.
Mas, tanya:
1. bugiakso blog kompetition itu hadiahe apa?????
2. Nik ora nduwe HP piye???
(lagi diserpis, lali nomere)

Mr.Anonymous said...

thanks, WOW! you sure get a lot of traffic WHERE does it all come from????

rayearth2601 said...

@ Irfan : korupsi koq jujur ? aneh ...qqq

lha kan di blognya pak bugiakso dah dijelaskan tuh apa aja hadiahnya, aku yo ra apal tho fan, qqqq
nek ora nduwe HP, nganggo nomer hapeku wae....nek sampeyan menang...ben sing dihubungi aku...wakakaka

@ Mr. Anonymous : Oh, I think this blog still got low trafffic, I just blogwalking to other friend's blog, thanks for your attentoin here, regards

Cak Win said...

Sip lahh

lbuntut said...

doakan diriku tuk bisa selalu jurur seperti sampean yo kang... ^:)^

rayearth2601 said...

@ cak win : terimakasih mas sudah mampir kesini dan meninggalkan komentar :)

@ Ibuntut : wew, saya juga belum tentu bisa jujur setiap saat kang, tapi mari kita berusaha menanamkan kejujuran itu di dalam hati kita dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari...

matur nuwun wis dolan, wis komentar nyang kene kang giat :)

hamka said...

komentnya mantap nieh....

rayearth2601 said...

Mantap bagaimana maksudnya mas? thanks ya dah mampir kesini :)

iwan said...

yah benar mestinya kita kagak boleh nanya apa yang negara berikan kepada kita tapi yang perlu dipertanyakan dalam diri kita adalah apa yang telah kita berikan kepada negara

bunda said...

kejujuran itu sebetulnya fitrah seseorang hanya saja tergantung bagaimana perilaku jujur itu kemudian dibawakan dalam keseharian.coba saja saat tidak berlaku jujur, mesti kemudian hati merasa sakit dan terluka..hehe kecuali orang yg ndableg mungkin ya
di sekolah anakku juga ada kantin kejujuran, dan tampaknya sampai hari ini masih terus berjalan tuh.

rayearth2601 said...

@ bunda : Iyah bunda, hati terasa resah dan gelisah saat kita tidak berlaku jujur, tidak tenang.
Hm, berarti Kantin Kejujuran di sekolah anak bunda diterapkan dengan benar, dan juga kesadaran murid-muridnya juga tinggi ya, bagus itu ....

Semoga Sukses selalu bunda

Irfan said...

Diriku juga nulis:

http://irfan3.blogspot.com/2009/01/hal-kecil-untuk-negeriku.html

Magic said...

sip fan, dah kukunjungi dan ngasih komentar...

semoga sukses..
menang lombanya...


hihi...
aku juga...

halah..ngarep

Rakhmat said...

Thanks atas commentnya... saya juga ingin tambahkan untuk jujur gunakan konsep 3 M yang sering kita dengar yaitu:
1. Mulailah dari diri sendiri
2. Mulai dari hal yang terkecil
3. Mulai saat ini juga !

rayearth2601 said...

iya pak, terimakasih sudah mampir disini juga ya, dan sudah meninggalkan komentar, semoga sukses

casual cutie said...

hmmmmm...casual cutie mampir lagi...meninggalkan jejak!!!

rayearth2601 said...

Terima kasih banyak ya sudi mampir dan meninggalkan komentar di sini, good luck :)

www.katobengke.com said...

Jadilah Aker walau tak terlihat namun dia tak sombong............

rayearth2601 said...

yup, terimakasih banyak pak atas nasihatnya :)

www.katobengke.com said...

helloo.......kok kamu kagak mampir nyapa aku......

aku tunggu postingan terbaru kamu yah.....

jangan lupa kabari aq....

rayearth2601 said...

Aku dah komen di blog kamu bos, yg di blogspot di tulisan tentang demam berdarah, terimakasih ya perhatiannya

cerpen kita said...

di kantorq juga ada kantin kejujuran. bedanya kalo kantin kejujuran sengaja ditinggal, kalo ini karena pengelolanya sibuk, jadi ga bisa nungguin dagangannya. hehehe... tapi mereka slalu untung kog.

rayearth2601 said...

@ cerpenkita : hehe, kan emang konsep awalnya kantin kejujuran ini tidak ada yang nungguin mbak..tapi kalau memang disana ditungguin, itu kan kebijakan masing masing tempat, disesuaikan dengan kondisi masing-masing tempat, terimakasih ya komentarnya :)

cenya95 said...

Membuat sebuah warung kejujuran harus cerdas... bila tidak pasti kandas.

rayearth2601 said...

Yup, betul sekali bos, terimakasih banyak ya atas komentarnya disini, semoga sukses

ndop said...

huwakakaka... Ngeblog sambil MLM.. wekekeke...

tapi aneh ya, mana ada upline lebih duduls dari pada downlinenya??

yup, itu hanya terjadi antara aku dan cebong dan downline-downline saya lainnya... hohoho...

rayearth2601 said...

wekekeke..mau donk jadi downline-nya mas ndop...qqqq

dapet komisi berapa nih tiap hari ?

Rakhmat Ari Wibowo said...

Salam kena,bro..
Semoga sukses di kontes Aku untuk negriku..

rayearth2601 said...

salam kenal mas...
Terima kasih doanya

Semoga sukses juga mas :)

Narmadi said...

Luar biasa yah...jika memang konsep warung itu tidak hanya berada di kpk...hmmm...indonesia gemah ripah loh jinawi

rayearth2601 said...

iya pak, sekarang sudah diterapkan koq di sekolah sekolah, maupun di kantor kantor, semoga saja warung kejujuran ini bisa melatih kejujuran dan membentuk mental jujur bagi anak bangsa, demi kemajuan negeri indonesia tercinta.

nA said...

Ehm ini komen saya keberapa y? Hem ck ck ck... Ngomongin indonesia tanah air tcinta dgn ragam suku budaya dan agamanya, gak abis2 dah.. Dr sabang ampe merauke... But, keep away from KORUPSI ya bung! Konon godaannya itu loh, menggiurkan...

rayearth2601 said...

Yup, terimakasih ya udah komen disini,
Udah pernah digoda ma korupsi bu ??

easy said...

aku inget guru ppkn ku dulu.
beliau juga memimpikan warung kejujuran seperti ini...

rayearth2601 said...

wah..jangan jangan guru ppkn-nya yang mencetuskan ide warung kejujuran ini di KPK ? hihi

wening said...

di kampus ku sih dari dulu udah ada yg jualan..trus di taro gitu aja, cuma di tulisin Rp.500..ini sebelom ada KPK kali ya..jangan2 KPK terinpirasi dr kampus ku..*ngarang*
penegn ikut 'aku untuk negriku'

traveller said...

Very interesting article, i have bookmarked your blog for future referrence

rayearth2601 said...

@ wening : wah, jualannya apa tuh mbak ?koq 500 rupiah ? Ikut aja mbak, lomba blog Aku Untuk Negeriku ini, siapa tahu beruntung, hehe

@ traveller : Thank you very much

awie said...

KALU MENURUT AKU SIH JUJUR DAN ENGGA TER SERAH PADA MANUSIA ITU SENDIRI WALAU PUN DI ADAKAN KANTIN KEJUJURAN KALAU MANUSIA NYA YNG GA BISA BERLAKU JUJUR MEMANG KITA BISA BERBUAT APA,MENDING KITA FLASBACK KE DIRI KITA APAKAH DIRI KITA SUDAH JUJUR PADA NEGARA MASYARAKAT DAN YNG TER PENTING KITA JUJUR PADA DIRI KITA SENDIRI KALAU KITA DAH GA JUJUR PADA DIRI SENDIRI GIMANA KITA MO JUJUR PADA ORANG LAIN YA TOH,MAKASIH DAH MAU MAMPIR DI BLOGNYA MUALAF BLOGER OK

rayearth2601 said...

@ awie : iya mas awie, memang seperti itu, untuk itu marilah kita mulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal yang kecil, mulai saat ini juga.

Kantin kejujuran ini kan salah satu sarana saja untuk melatih dan mendidik mental yang jujur, tentunya juga masih harus dilengkapi dengan pendidikan lainnya, pendidikan moral, agama, hukum, dan sosial, untuk hidup bermasyarakat.

Thanks ya komennya

Game_Lover said...

wow, byk bgt yang ngisiin komentar !

Lagi ngejar kompetisi bugiakso ya mas...!

Semoga berhasil, good job :D

rayearth2601 said...

@ game lover : Alhamdulillah mas, banyak yang mau komentar disini, termasuk anda,
terimakasih doanya ya,

Good luck juga buat anda

Anonymous said...

Jujur, hanya satu kata tapi untuk pelaksanaannya dibutuhkan suatu usaha yg luar biasa

Fery Corly said...

jujur dimulai dari diri sendiri dulu, baru setelah itu berkembang

rayearth2601 said...

@ anonymous : yup, untuk itu marilah kita berusaha semaksimal mungkin.

@ Fery corly : iya pak, betul sekali, semoga dari diri sendiri, bisa menular ke orang lain :)

thanks buat komennya ya, keep smile :)

Anonymous said...

Nice Image&posting smile 4u, visiting again&great days :) http://marketvaluer.blogspot.com/

rayearth2601 said...

Thanks for visit here at my blog

Euroangel said...

thanks for the visit n the comments..happy blogging!!

rayearth2601 said...

You're welcome, please feel free to visit and leave comment at my blog, Keep blogging too, have a great day

www.katobengke.com said...

wah bnar juga yah apa yang sebenarnya yang teah kita lakukan buat ngara ini.....

rayearth2601 said...

@ katobengke : Nah, silahkan tanyakan pada diri sendiri pak, hanya anda yang bisa menjawabnya,

G.a.i.a said...

Kunjungan balasan, mas :D
Aku rasa "menu paling mahal" di kantin kejujuran itu ya kejujuran itu sendiri, ya.
Salam kenal.

rayearth2601 said...

@ G.a.i.a : Yup, salam kenal juga ya, terimakasih komentarnya

suryaden said...

yang bener, ada komisi pelayanan korupsi toh , wekekeke...

rayearth2601 said...

@ suryaden : terimakasih banyak atas koreksinya, saya memang salah, dan sudah saya revisi.
Sekali lagi terimakasih, anda memang jeli mas :)

annosmile said...

semoga kejujuran dapat diterapkan pada generasi penerus kita

rayearth2601 said...

@ annosmile : Amin, semoga saja mas, semoga doanya terkabul :)

awie said...

met val day yah kang moga tambah segala -galanya deh amin amin amin ya robal alamin

rayearth2601 said...

Terimakasih doanya bro, met hari sabtu, hehe :)

Sang Cerpenis bercerita said...

warung kejujuran mestinya diterapkan juga di supermarket, di warnet dan tempat2 lainnya.

asal jangan bikin pailit si pemilik usahanya aja ya.

rayearth2601 said...

@ sang cerpenis bercerita : Ya bagus juga kalau bisa diterapkan begitu, tetapi kan perlu diawasi kayaknya deh kalau di tempat keramaian seperti itu, hehe

Rumah Islami said...

dibutuhkan "modal" yg tidak sedikit untuk membuka cabang warung tersebut di tempat lain ya...karena modalnya ga sedikit bahkan tak ternilai...KEJUJURAN :)

Rumah Islami said...

jadi tertarik untuk "dibuka" di rumah...

"perubahan sebaiknya dimulai dari diri sendiri dulu...sebelum berharap orang lain untuk berubah"

#ga puas komentar sekali mode on#

rayearth2601 said...

@ rumah islami : yup, bener sekali, modalnya kejujuran yang tak ternilai dengan uang, terimakasih komentarnya ya :)

rampadan said...

walah, komentarnya bejibun banyaknya..
hahahahaha
keren sich om kalau ada kantin kejujuran..
kalau kantin ini di kelola oleh sekolah, tanpa ada yang mengawasi, rasanya bakal rugi terus warungnya..
soalnya jarang banget ditanamkan sejak usia dini..
apalagi dengan pola pikir seorang anak yang masih labil sepertiku ini, kalau gak punya duit, terus pengen jajan, paling paling bilang *ngutang dulu budhe*, hehehehe..
untung penjaga kantinku dulu orangnya baik..
hehehehe
jadi kangen ama sekolah..
rasanya sulit untuk di terapkan di ndeso seperti tempatku ini..
kalau udah gedhe, malah enak, soale punya malu kalau ketahuan, kalau masih kecil kecil, paling paling bilang *au ah gelap*..
tapi ini juga bagus untuk menginspirasi kita semua kok pak..
salam hangat..

rampadan

rayearth2601 said...

@ rampadan : yah, anak kecil juga punya malu lah mas, sama juga kayak orang dewasa, hehe, biasanya kalau anak kecil itu terbentuk oleh lingkungan, ikut-ikutan temannya, jadi kalau di lingkungannya sejak dini ditumbuhkan budaya malu, dan budaya kejujuran, Insya Allah hasilnya positif :)

Terimakasih juga ya mas sudah berkomentar disini :)

genthokelir said...

lha kejujuran itu hampir nggak ada mas kecuali terhadap diri sendiri hahaha
"kalo boleh saya jujur" penggalan kalimat yang sering kita dengar menunjukan bahwa kebiasaanya nggak jujur hahaha
salam mas

rayearth2601 said...

@ genthokelir : hehe, iya pak, coba kalau yang diajak ngomong ngejawab : "gak boleh, kamu gak boleh jujur" hehe, malah gak ada kejujuran donk pak, disuruh bohong mulu

salam juga pak :)

junjung said...

untuk saat ini aku cm bisa jadi pengamat,,,nanti kalau aku jadi presiden baru tak pikirin :D

rayearth2601 said...

@ junjung : oke deh bro, jadi kapan mau jadi presiden ?

Rokok Elektrik said...

salam kenal Pak...
yup.. maju terus Indonesia..

----------------------------------------------------------

Peduli KESEHATAN Anda HARI INI juga..
atau MENYESAL di kemudian hari

Tinggalkan kebiasaan merokok anda dan beralihlah ke Rokok Elektrik
Terbukti MENGURANGI bahkan MENGHILANGKAN kebiasaan merokok tembakau.

Sayangi KELUARGA Anda dan jangan biarkan mereke menangguna akibat dari kebiasaan merokok Anda...!!

Rokok Elektrik Black Super

Blog Archive