Friday, December 26, 2008

Cara mencari makalah di internet

Bagi anak sekolah, atau anak kuliah alias mahasiswa dan mahasiswi, membuat makalah adalah tugas yang lazim diberikan oleh guru atau dosen kita, setiap mata kuliah yang kita ambil, rata-rata dosennya akan memberikan tugas mandiri kepada kita untuk membuat suatu makalah atau karya tulis ataupun paper. Berhubung saya pernah kuliah ( walaupun sekarang belum lulus lulus juga, biasa mentok di skripsi, penyakit males datang, padahal bahan-bahan skripsinya dah siap ), jadi ya sudah sering membuat makalah, walaupun kalau tugasnya kelompok, biasanya saya cuma numpang nama saja, alias teman saya yang membuat makalahnya, hehe, tapi kadang-kadang saya juga membantu mencarikan bahan-bahan untuk penulisan makalah tersebut. Dan tak lain dan tak bukan, mbah google adalah tempat yang cocok untuk mencari bahan-bahan makalah yang gratis ( emangnya makalah ada yang bayar ya, kayak skripsi ajah, hehe ). Kebanyakan sih makalah tentang ekonomi, makalah akuntansi, makalah manajemen, audit, makalah bisnis internasional, manajemen pemasaran, dan lain sebagainya, yang sesuai dengan jurusan akuntansi yang saya ambil.

Biasanya cara yang saya gunakan dalam mencari bahan makalah ataupun makalah yang sudah jadi di internet lewat google, adalah dengan cara menentukan dulu tipe file apa yang ingin saya cari, kalau file pdf, maka query kata kunci ( keyword ) yang saya masukkan saya awali dulu dengan filetype:pdf "keyword", contoh : filetype:pdf makalah ekonomi akuntansi.
Udah deh, tinggal milih, yang sesuai dengan apa yang kita cari, langsung sedot, eh download file-nya. Kalau kebetulan saya ingin mencari file yang dengan tipe power point ( ppt ), untuk keperluan presentasi, jadi tinggal edit-edit aja, gak usah bikin template power point baru, maka kata kunci yang saya gunakan adalah filetype:ppt "keyword", contoh : filetype:ppt makalah ilmu hukum.
Tapi saya sarankan, jangan di copy paste abis-abisan file-file tersebut kalau tidak bersifat gratis atau boleh untuk di publikasikan kembali ( republish ), karya orang lain gitu loh, mendingan gunakan saja sebagai sumber referensi. Tapi kalau sudah ada keterangan boleh untuk dicopy atau dipubilkasikan ya gak apa-apa. Ilmu kan memang untuk dibagi, hehe.. ( jangan dijual ya, qeqeqe )

Contoh query di atas bisa di modifikasi sesuai dengan kemauan kita, tipe file yang diinginkan, dan kata kunci yang lebih spesifik, bisa juga loh untuk mencari skripsi gratis, hehe, tapi sekali lagi kalau dapat file skripsi gratis ya gunakan untuk perbandingan saja, sebagai referensi.

Semoga saja membantu bagi yang belum tahu tentang cara mencari bahan makalah atau skripsi gratis di internet, kalau yang sudah tahu ya tolong dibenarkan kalau ada yang salah, hehe...
Keep smile :)

Random Posts



10 comments:

ndop said...

waah, tips menarik ini, dulu masih sering cari makalah, sekarang malah sibuk mbuka blog sendiri hehehe...

rayearth2601 said...

hehe, makasih komentarnya ya mas ndop :)

Arikaka.com said...

Bener juga nh..

Thanks om..

Lmyan kn wad tugas..

rayearth2601 said...

sama-sama mas arikaka, semoga bermanfaat

iBnu said...

makasih ya tutorialnyaaaa

apriliasaputra said...

lumayan, kalo mo bikin skripsi hehe
-padahal dari kantor aja dah banyak bahan- hehe

rayearth2601 said...

@ ibnu : sama-sama ya mas, makasih juga dah mampir

@ aprilia : bahan opo ning kantor drews ?

adesense said...
This comment has been removed by the author.
adesense said...

Ane Biasanya search journal articles di situ tinggal pilih format artikelnya, ada yang .doc dan .docx. dll
bisa jadi referensi sumber atau lagi males tinggal edit judul jadi deh makalahnya :))

SKRIPSI GRATIS said...

ada cara sangat gampang untuk cari refersi skripsi. misal ingin cari skripsi tentang kepuasan pelanggan, di bank X, skripsi tahun 2009,
sebanyak lima halaman,ya tinggal buka google, lalu kopy paste kata kunci berikut di kotaknya tempat kita ngetik
FILETYPE:PDF "KEPUASAN NASABAH"+"SKRIPSI"+"PAGE 5"+"2009"

ENTER

SILAHKAN GANTI JUDUL LAIN
silahkan buka link berikut untuk lebih jelas

http://nulisbuku.com/books/view/mengatasi-galau-referensi-untuk-skripsi-dan-tesis-bersama-google

kalau bingung silahkan kirim e-mail ke jokoadipa@gmail.com

mampir blog saya www.rahasiaskripsi.blogspot.com

terima kasih

Blog Archive